CTF: Bahasa pemrograman aneh (Malbolge)

Esoteric Languages?? Menyelesaikan soal CTF Cryptography

Dalam postingan ini saya akan membahas soal CTF lagi , buat kalian yang blum tau apa itu CTF bisa baca artikel saya sebelumnya, disitu saya ada menjelaskan apa itu CTF.



CTF: Bahasa pemrograman aneh (Malbolge)

Jadi dalam tantangan ini saya mendapatkan sebuah file bernama "aneh.txt" , dan ketika saya membuka file txt tersebut, saya benar" asing dengan isi nya, bisa kalian lihat di bawah ini:


Mungkin ada sebagian dari kalian yang sudah mengetahuinya, tapi itu 'baru' di mata saya:) . Jadi saya memutuskan untuk tanya ke chatgpt hihi hiha, tapi tidak ada jawaban yang benar:(
Setelah itu saya mencoba untuk mencari sebuah petunjuk di search engine Google menggunakan potongan kecil dari isi file tsb.

"{zyxwvutsrqponmlkjihgfedcba`_^]" 

Dan ternyata banyak pembahasan yang serupa dengan isi dari file soal saya, dan setelah membaca beberapa artikel, saya menemukan bahwa isi file tersebut merupakan bahasa pemrograman yang namanya adalah Malbolge.


Menjalankan program Malbolge 

Setelah saya mengetahui bahwasanya itu adalah bahasa pemrograman Malbolge, saya mencari di google, compiler Malbolge online untuk meng-run kode tsb.


Saya copy dan paste setelah itu saya tekan tombol "run" , dan Yap saya berhasil menemukan flag untuk soal CTF ini hihi hiha:D

SPECTRES{WKWKKW_BAHASA_APA_INIIII}

Ini adalah soal lama dari CTF cyberspectres.
jika kalian tertarik untuk mencoba tantangannya, klik link dibawah ya:




Akhir kata
Sekian, terimakasih banyak untuk kalian yang sudah membaca:)

##

About the Author

Just for education, all forms of damage / crime are not our responsibility!
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.